Menu

Mode Gelap
Walikota AA dan Istri Hadiri Peresmian Klenteng Hok Tek Cin Sin Walikota Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Unsrat Dapat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022 Hadir Bersama Wamendag, CEO Dagangan Beri Edukasi Kepada Pedagang Untuk Bertransformasi Secara Digital Peduli Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor Manado, Yayasan Rolam Indonesia Salurkan Bantuan

Berita Utama · 30 Jan 2023 00:04 WIB ·

Unsrat Dapat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022


					Unsrat Dapat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi 2022 Perbesar

 

SUARARAKYAT,MANADO – Universitas Sam Ratulangi Manado berhasil menyabet juara kedua Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi (PSPT) tahun 2022 yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS). Unsrat bersaing diantara 82 Perguruan Tinggi ternama. Penghargaan di berikan oleh Kepala BPS Pusat di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2023 dengan disaksikan oleh Menteri PAN RB, yang dirangkaikan dengan acara Launching Reformasi Birokrasi 2023 dengan tema Kolaborasi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor UNSRAT dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Rektor 2, Dr.Ronny Maramis, SH, MH, dan Wakil Rektor 4 Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, DEA. Penghargaan juga diberikan kepada BPS Sulawesi Utara yang diterima oleh Bapak Asim Saputra, Kepala BPS Sulawesi Utara, dimana BPS Sulut menjadi Mitra UNSRAT dalam berkolaborasi.

Universitas Sam Ratulangi sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur senantiasa mengembangkan diri melalui kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Badan Pusat Statistik (BPS). BPS adalah lembaga negara yang memang memiliki tupoksi dalam mensensus, mengkoleksi dan mengelola berbagai data untuk kepentingan akademik dan pembangunan, karena itu maka UNSRAT berkepentingan untuk bekerjasama dengan BPS dalam rangka pengembangan bidang tridharma PT. Demkian disampaikan oleh WR4 Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, DEA.

Sebagai salah satu Juara, maka Rektor Unsrat Prof Berty, diminta untuk menyampaikan kata sambutan Beliau sampaikan bahwa Pojok Statistik di Universitas Sam Ratulangi merupakan pusat pengelolaan data dan informasi statistik yang bersumber dari BPS. Fasilitas ini berdiri pada tahun 2022, segera setelah di tandatangai MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan BPS Sulut pada tahun 2021. Pojok Statistik Unsrat Dipimpin oleh Dr.Deiby Salaki, S.Si, M.Si dari FMIPA. Segera setelah peresmian Pojok Statistik pada 5 Oktober 2022, tim yang dipimpin oleh Dr.Deiby Salaki langsung melakukan pergerakan taktis dengan mengikuti pameran di Mantos, pada akhir Oktober 2022, dalam rangka memasyarakatkan statistik bagi kalangan umum. Kemudian juga menyelenggarakan seminar nasional dengan nara sumber ahli statistik dari BPS. Selain itu, sejumlah mahasiswa Unsrat juga dinobatkan sebagai Duta Statistk dalam melayani proses pendataan, pengolahan data atau distribusi data bagi kalangan umum maupun pihak tertentu yang menbutuhkan. Demikian ditambahkan oleh WR2 Dr.Ronny Maramis, SH, MH.

Rektor Unsrat Prof.Dr.Ir.Oktovian Berty Sompie, M.Eng, berpesan pada jajarannya agar fasilitas Pojok Statistik bukan nantinya hanya sekedar dipeliharan namun juga harus terus dikembangkan melalui kerjasama yang lebih erat dengan BPS, dan selanjutnya Pojok Statistik UNSRAT juga harus berperan membantu pembangunan Provinsi Sulawesi Utara melalui pengolahan data data akurat yang dikelola. Kini para mahasiswa, dosen dan peneliti Unsrat dalam mencari data data untuk pembelajaran maupun penelitian, tidak perlu jauh jauh pergi ke tempat lain, namun cukup datang ke Pojok Statistik atau mengkakses melalaui jaringan internet yang terhubung.(ika)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Carlo Brix Tewu: Karir Gemilang dari Kepolisian hingga Pemerintahan

25 Maret 2024 - 21:57 WIB

Carlo Brix Tewu, Mantan Gubernur Sulawesi Barat, Siap Mengabdi untuk Sulawesi Utara

25 Maret 2024 - 21:45 WIB

Jan Maringka, Pemersatu dan Pelindung Kebhinekaan Mendukung Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

2 Maret 2024 - 16:55 WIB

Jan Maringka Peduli Jaga Tanah Minahasa

26 Februari 2024 - 15:27 WIB

Optimis Menangkan Prabowo Gibran Mantan Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi Resmi Bergabung Dengan TKD Sulut

28 November 2023 - 10:42 WIB

Martin Daniel Tumbelaka : Filosofi Nomor Urut 2 Dalam Pileg 2024, Kemenangan dan Kedamaian

24 November 2023 - 21:58 WIB

Trending di Berita Utama